Salah satu ibadah umat islam yang kini menjadi sorotan selain ibadah haji adalah ibadah Umroh.Umroh juga bisa disebut sebagai haji kecil. Perbedaan umrah dengan haji adalah pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 hingga 12 Dzulhijjah. Pelaksanaanya pun sampai ke luar kota Mekkah.


Berbeda dengan ibadah haji, dimana pemerintah menangani langsung pendaftarannya bekerja sama dengan bank- bank syariah setempat, Untuk ibadah Umroh pendaftarannya dan pelaksanaannya langsung di bawah travel wisata. Sayangnya, belakangan ini kerap kali terjadi penipuan yang dilakukan oleh travel umroh yang nakal dan tidak bertanggung jawab. Untuk kehati-hatian, pada tahun 2017 kemarin mulailah dikeluarkan peraturan baru dimana jamaah umroh wajib membuat surat rekomendasi berangkat umroh ke Kantor Kementerian Agama.


Kepala Seksi Penyelenggara haji dan Umroh (PHU) Kankemenag Kota Bekasi, Sri Siagawati mengatakan disela-sela rakor, Rabu, 17/1 kemarin, meski sudah diberi peraturan membuat rekomendasi umroh, ada saja beberapa travel yang nakal dan melakukan aksi tipu-tipu. Jika ini terjadi tentu saja diperlukan kecerdikan dan kehati-hatian dari masyarakat yang akan berangkat umroh. Bagaimana caranya?

“Mudah saja pastikan dengan gerakan 5 Pasti,” Papar Sri Siagawati.


Apa itu lima pasti? Pertama adalah Pastikan Travel Berizin. Sebelum berangkat Umroh sebaiknya jamaah memastikan dahulu Izin dari travel tersebut, apakah memiliki izin atau tidak. Jika memiliki Izin aakah izinnya masih berlaku atau sudah kadaluarsa. Untuk memastikan izin travel ini Jamaah bisa koordinasi ke kantor Kementerian Agama Setempat. Pasti kedua adalah penerbangan dan Jadual Keberangkatan. Jangan sampai Jamaah tertipu karena ketidakpastian jadwal berangkat umrohnya. Alih alih mau umroh malah jadi gagal total.


Ketiga adalah pastikan Program Layanannya. Seperti apa program pelayanan yang ditawarkan oleh travel bersangkutan. Apakah program tersebut masuk akal atau malah tidak masuk akal.

“jangan hanya mencari murahnya, bagaimana bisa pelayanan hotel bintang lima dengan harga sangat minim, ini kan mencurigakan dan tidak masuk akal,” Jelas Sri.

Keempat adalah pastikan hotelnya dan terakhir pastikan visanya. Jika semua sudah dapat dipastikan insyaallah ibadah umroh akan terlaksana dengan lancer dan tidak terlantar di negeri orang. Selamat menjalankan Ibadah Umroh.